Selasa, 12 Januari 2010

CCM IS



Contemporary Christian Music


Menurut wikipedia arti CCM adalah genre musik popular yang memfokuskan inti semua lagu mereka dengan iman Kristen. Dimulai dari daerah Nashville, Tennessee, Amerika dengan genre musik pop, rock, dan worship di kalangan industri musik kristen


Dan menurutku CCM adalah

"suatu genre musik yang terpengaruh dari cara hidup kristen [christian culture] / ekspresi menyatakan rasa yang mereka alami langsung dengan Tuhan dalam kehidupan sehari – hari yang di ungkapkan lewat lagu – lagu popular yang mampu menularkan semangat dan mempengaruhi cara pandang merka mengenai pribadi kristus"


SO CCM IS DESERVE to GOD?


Absolutly YES, karena musik CCM tidak mengenal batas dan lebih bersifat universal. Kristus datang sebagai juruselamat, pada waktu Yesus menjadi serupa dengan manusia bisa saja Dia MENOLAK untuk menebus dosa manusia, karena itu bukan harga yang pantas dan bukan wujud ALLAH yang maha kuasa tapi Dia lebih memilih bentuk manusia itu karena Dia ingin memberikan pernyataan bahwa Allah itu kasih dan murah hati serta menepati janjiNya kepada anak yang dikasihinya bangsa israel dan kita. Ini bukan suatu harga mati jadi semua manusia bisa menjadi Allah. Karena manusia tidak layak menjadi Allah. Dan butuh kerendahan diri yang Super Duper Amat Sangat Banget !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Sama seperti teladan Kristus mati di kayu salib ini bukan berarti sebagai contoh bahwa semua orang harus di salib dan mati menderita seperti Dia untuk menerima keselamatan, bahkan sangat bodoh jika ada orang yang mau meniru langkah ini karena mati di salib adalah suatu kutuk, memang karena kematian Yesus kita menerima keselamatan. Perhatikan waktu Yesus mati apa yang ia tinggalkan semasa hidupnya tidak pernah di alkitab disebut ia meninggalkan tulisan, surat, lagu, lukisan. Tapi banyak orang terinspirasi akan Dia, ini adalah suatu panggilan !!!


Kembali ke musik pada abad pertengahan ketika gereja banyak membuat lagu pujian pernah ada seorang pastur yang sempat melarang karena dinilai SEKULER. Memang ini terserah paradigma dia. Perhatikan pada waktu daud memimpin israel mengalahkan filistin, apakah yang dilakukan hanya pulang membawa nama baik dan pakaian gagah perkasa beserta gundik – gundik yang banyak??, NO WAY!!!! Dia datang dengan menari - nari seperti orang gila dengan pakaian setengah telanjang MEMULIAKAN TUHAN yang memberinya kemenangan dengan sembunyi – sembunyi, NO WAY dikatakan semua orang melihatnya hingga istrinya mual melihat tingkah laku daud. Karena itulah dia menjadi mandul.


Apakah definisi musik?? Apakah sesuatu yang nikmat didengar???, ataukah sesuatu yang menyenangkan hati orang yang mendengarkannya dan memberi arti baru dalam kehidupan itulah arti musik bagiku. Perkembangan jaman menunjukkan bahwa Allah bergerak dengan cara yang luar biasa dalam segala bidang bukan hanya Spiritual [gerakan rohani, Revival besar - besaran] tetapi juga kreativitas baik ditunjukkan dalam lukisan, pahatan, ornamen, begitu juga musik.


Titik DASAR Musik


Kej 4:21

………Yubal adalah bapa segala pemain kecapi dan suling, KETURUNAN KAIN,…….

Inti dari musik adalah membawa kesukaan / keceriaan kepada manusia, dimana asalanya dimulai dari para malaikat di surga yang membawa kemuliaan puji - pujian bagi ALLAH. Ingat kain adalah keturunan adam yang di kutuk tetapi dari keturunannyalah ada pemain musik. ini adalah bukti bahwa ALLAH menyertai Yubal dan memberikan inspirasi bagi keturunannya untuk menyembah ALLAH atau setidaknya itulah yang dilakukannya pertama kali.dan musik selalu tidak pernah lepas dari kata memuji bagi orang percaya


MUSIK CCM TIDAK MENGENAL BATAS DAN LEBIH BERSIFAT UNIVERSAL


Arti CCM bersifat universal, dan lebih mudah dipahami sebagai kepanjang tanganan kehidupan kekristenan. Sama seperti agama kristen tidak pernah cukup didefinisikan sebagai suatu agama melainkan suatu persekutan hidup, demikian juga Kristus datang ke dunia tidak mendirikan kerajaanNya di bumi melainkan membuka mata dunia bahwa Kristus sebagai ALLAH sudah hadir dan memberi keselamatan yang tak mengenal batas. Ini bukan sebagai wadah menyamakan agama di dunia tetapi menunjukkan keperkasaan ALLAH kita di mata dunia secara luas dan universal.


Ada beberapa ciri tentang lagu CCM:



  • * Terinspirasi dari kehidupan Kekristenan
  • * Pencipta Lagu adalah Orang Kristen
  • * Bersifat Universal dapat diterima seluruh kalangan terutama dapat menjangkau anak muda (to reach out young people)
  • * Biasanya pesan yang ingin di sampaikan bukan dalam konteks pendalaman alkitabiah atau mengajak mereka untuk beribadah tetapi pada masalah sosial, keluarga, cinta, dan pemulihan diri (bedakan dengan Praise and Worship Music)
  • * Titik poin dari lagu ini adalah Christian Lifestyle
  • * THERE NOT CHRISTIAN MUSIC, BUT MUSIC IN CHRISTIAN
  • * Ciri khas lagu mereka tidak mengarahkan supaya manusia berbuat kejahatan, memiliki dendam, atau iri hati terhadap sesama melainkan mengarahkan kehidupan yang lebih baik bersama Tuhan tentunya
  • * Dalam beberapa kasus lagu mereka berbicara tentang hubungan kekasih dan persaudaraan tetapi yang menjadi perbedaan dengan lagu sekuler lain adalah didalam lirik mereka, mereka menyadari bahwa Tuhan yang membuat segalanya terjadi (dengan maksud yang indah di balikknya). Contoh: Every little thing – Hawk Nelson; Broken Heart, Bittersweet – Falling Up; You Put This Love In My Heart – MXPX; Gone – Toby Mac; Kasih – One Way ^^ ,etc - masih banyak dah!!!

Tidak ada komentar: